Japan Winter Holiday - DAY 7

Hari terakhir di Jepang, sedih....

Pada titik ini gue paham omongan temen gue dulu. Emang bener, gue jadi males pulang karena emang disini asyik banget. Masyarakat disini hidupnya "sejahtera" bukan karena banyaknya uang yang mereka punya tapi sejahtera dalam arti;

1. Ga perlu macet-macetan pas mau berangkat dan pulang kerja
2. Ga perlu stress gara-gara di honk sama pengemudi motor atau mobil
3. Ga perlu nunggu lama dan khawatir telat kalo janjian sama orang
4. Sehat karena jalan kaki is fun
5. Ga khawatir pulang malam
6. Enak aja gitu

Kali gue ngomong begini karena gue yang bete sama keadaan Jakarta. Hahaha! Susah deh kalo mau ngerubah cara hidup masyarakat sini, paling nggak buat buang sampah yang bener aja, atau, jangan merugikan orang lain. Kasih jalan buat orang yang lagi terburu-buru, bukannya malah cekikikan tolol ditengah jalan, giliran disuruh minggir pada ngedumel. Yawoh, emosi gue.

Jadi, ya gitu... Siang-siang gitu gue sama Jarod pergi ke toko snack yang setelah gue analisa harga makanannya lebih murah dibandingkan toko manapun. Tapi tokonya ini adanya di Sagamihara.... Tepatnya dibawah apartemen tempat gue nginep dan disebelahnya toko ramen langganan. Hag hag hag!

Intinya di hari terakhir gue cuma packing, makan, eh iya, makan! Ini makanan terakhir gue di Jepang. Heu heuuuu....

Ini gimana sih kok nggak ke rotate?

Makan Malam di Stasiun Shibuya
Kalo mampir ke stasiun Shibuya, nggak usah keluar jauh-jauh kalo mau sightseeing karena disana udah lengkap, mulai dari baju, kosmetik sampai makanan. Makanan disini emang lebih mahal sih, tapi masih ada kok yang murah kaya dari harga JPY 500-an gitu. Jangan menyerah, tetap semangat. 

Sampai di Haneda, gue ganti sepatu, karena mau transit dan main seharian di KL, masa iya gue pake sepatu bulu-bulu ditempat panas. Nah, ada pertanyaan sebelum saya tutup pembicaraan kali ini?

Frequently Asked Question:

Tanya: Gimana Cara Ngurus Visa Jepang?
Jawab: Ngurus visa ke jepang sangat mudah. Tinggal download formulir berikut dengan persyaratannya di website-nya Japan embassy (tutorial kaya gini udah banyak banget di blog-blog lain. Jangan manja. Cari sendiri). Kalo udah lengkap segala persyaratannya, datang ke embassy yang ada di sebelah Plaza Indonesia, pagi-pagi sebelum jam 12 siang. Selain persyaratan yang ada, kalo gue kemarin plus melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan sama surat bank, improvisasi aja sih, sebenernya ga dimintain. Nah, yang penting JANGAN BIKIN ITINERARY YANG MULUK-MULUK. Saldo di bank cuma 5 juta tapi pengen ke museum-museum yang jauh dari tempat menginap dan bayar mahal, pasti ditolak!

Tanya: Perlu Sewa WiFi atau Nggak?
Jawab: PERLU! Karena semua pertanyaan bisa dijawab oleh om google dan jangan sampai liburan lo jadi ga enak karena lost in translation. 

Tanya: Emang Kemaren Lo Sewa WiFi Mon?
Jawab: Nggak

Tanya: Kenapa?
Jawab: Soalnya temen gue punya sisa sim card yang ga kepake, jadi pake itu aja. Mihihi... Lagian rata-rata stasiun kereta gede disana ada wifi yang kenceng kok. Tapi kalo lo gak punya option ini, sewa aja deh, tar gabisa upload foto di path lho.

Tanya: Kalo Pergi Berdua, Berapa Saldo Minimal di Tabungan?
Jawab: Lo udah nikah belom?

Tanya: Belom
Jawab: Nah, kalo belom harus tabungan masing-masing. Kalo kasusnya si Jarod kemaren, karena selama bekerja gajinya langsung di transfer ke rekening kami berdua di Indonesia yang atas nama gue dan udah langsung converted ke Rupiah, jadi istilahnya dia ga punya tabungan dong. Nah, Jarod harus melampirkan:
1. Slip gaji
2. Surat perusahaan yang menerangkan bahwa dia bener-bener karyawan dan gak bakal seek for a job di Jepang
3. Surat sponsor orang tua
4. Rek. Koran orang tua yang menanggung

Saldo minimal di tabungan adalah, berapa hari lo disana + total uang makan 3 kali sehari + lo mau kemana aja. Maka itu gue ingetin sekali lagi, bikin itinerary jangan muluk-muluk, perhatikan juga jarak kereta api karena disana bayar kereta api nggak sembarang tigaribumaratus. Atau lo bikin itin fake aja yang melingkupi daerah tokyo dan sekiranya yang ga perlu beli tiket.


Itu sebelum flight gue dipindah ke Haneda, jadi tulisannya masih Narita. Untuk ini saldo gue kemaren (karena abis dipake bayar-bayar persiapan nikah) cuma sekitar 15 juta. Tapi kalo kaya Jarod yang pake sponsoship dari orang tua, paling nggak saldo tabungan orang tua harus ada 30 juta, minimal 25 juta lah, dengan itin kaya gini doang mah aman. 

Tanya: Berapa Rata-Rata Biaya Makan di Jepang?
Jawab: Sekitar JPY 500 sekali makan, bukan sehari.

Udah ya, kalo mau nanya-nanya lagi email aja! BYE.

Share:

0 komentar