When a Stranger says = "I lost my Wallet. I Can't go Home" | He's definitely = ASKING FOR MONEY



Pernah ga lo di jalan tiba2 disamperin orang, terus bilang : 
 
"Dari sini ke kota X jauh ga ya? 
Saya udah jalan kaki jauh banget. 
Dompet saya ilang. 
Saya udah ga punya uang buat pulang. 
Aduh, masih jauh ya.. 
bla bla bla bla bla bla bla..."


Gue udah beberapa kali ketemu orang kaya gitu, di Jogja dan barusan, di Jakarta.

Tadi, waktu gue jalan kaki ke arah kantor (Jl. Gatot Subroto) ada bapak-bapak, ga keliatan kaya orang susah, bawa tas oren dan pake topi, tiba-tiba nanya ke gue : "Dek, Cawang-UKI masih jauh ga ya?"

Gue bilang aja masih jauh, terus gue suruh naik TransJ yang haltenya ada di seberang.

Dia bilang "Ga bisa. Bapak habis di copet tadi. Aduh, gimana ya, masih jauh ya dek? Bapak capek banget.." Dan seterusnya.


Gue mulai curiga....


Yaudah terus gue bilang, "oke pak, semoga selamat sampai tujuan ya" lalu gue jalan lagi.


Nah, kecurigaan gue berdasarkan oleh :

  1. Dari cara ngomongnya, gue yakin dia udah lama di Jakarta, bukan orang dari luar kota. Dan dari muka, gue tau dia udah berumur. Kecil banget kemungkinan seorang Laki-laki, berumur, lama di Jakarta, ga apal kawasan Jakarta.
  2. Dia cuma menyebutkan DOMPET nya yang di copet. Barang-barang yang di bawa nggak (dia bawa tas oren sama tas item). Yakali, di dalem tas itu gaada duit bangsa 3.500 ato receh2an?? Handphone? Masa ga punya?? Hareee geneeee??
  3. Kalo emang sangat sangat kepepet dan gapunya duit, kenapa ga pergi ke kantor polisi? Anak TK aja diajarin orang tuanya, kalo tersesat carilah ke kantor polisi. Padahal ga jauh dari situ ada kantor Samsat. Polisi juga berceceran, soalnya masih jam 3in1.
  4. Kalimat2nya memberikan sebuah kesimpulan bahwa dia ingin uang, dan cara ngomongnya  nunjukkin banget kalo dia minta belas kasihan : "Bapak jalan kaki dari (mana gue lupa) jauh banget, aduh, capek, masih jauh ya?" Setelah itu, dia ngellirik2 gue. APAAAA ITUUU PAAKKK???



Begitulah


...........


Bukannya gue kejam dan ga mo nolong orang, tapi gue liat2 dulu lah. Jaman sekarang kan hati-hati itu penting, banyak penipuan berkedok...

Dan sebagai manusia, kita punya insting yang kuat buat ngebedain mana yang "BENER" sama yang "NGGAK"

Jakarta itu keras..

Gue aja masih jomblo...

Dan masih belom ketemu Glen...

---,,,,,,----


-THE END-

Share:

0 komentar