Tawuran, Kebiasaan Buruk Sejak Dini

Berawal dari tadi waktu gue sama nyokap keluar mo beli martabak, segerombalan anak-anak kisaran umur 7-12 taun berjumlah 20an dateng jalan kaki lewat sebelah rumah. Kami pikir mereka mau main (biasanya emang begitu, disini suka nemu segerombolan anak2 jalan, main bareng2), bukan gimana, tapi dari penampilannya udah ketauan pasti mereka anak kampung sebelah, dari bahasa ngomongnya juga,. Soalnya, kalo anak2 komplek gaada yang jam segini boleh keluar main sama orang tuanya.

Pulang beli martabak, samping rumah gue masih digeromboli sama mereka, tapi sekarang mereka bawa balok2 kayu, bambu, iket pinggang plus tereak2. Nyokap nanya, ini ada apa, salah satu yang kayanya umur 10 tahun bilang "Tawuran bu!" sambil muter2in iket pinggangnya di udara dan berjalan tanpa liat muka nyokap gue. Nyokap marah, dia bubarin itu anak2. 
Gue liat ada yang umuran 12/13an taun ada 3 kalo ga salah, dan sepertinya mereka yang ngoordinasi yang lain, soalnya dari 20an itu rata2 isinya anak2 umur 7,9,10 taunan semua dan gue liat jelas banget muka mereka masih pada polos2 banget!

Sejenak mereka berhenti, terus gue sama nyokap masuk kerumah. Makan di dapur sambil ngobrol2.
Ga lama kemudian, kira2 10 menit, mereka balik lagi, ribut lagi. Gue mo keluar, tapi nyokap bilang gausah. Lama2 ga tahan juga gue, keluarlah gue lewat pintu dapur (yang langsung ke ngadep samping rumah) lalu gue mulai berorasi :

"WOOOIIIII!!!PADA NGAPAIN LO SEMUA!!!BERENTI GA!!!BERENTI LO SEMUA!!!!BOCAH BELON BISA CEBOK AJA PADA SOK2 TAWURAN! MENDING PULANG LO SEMUA!BELAJAR BIAR GEDE GA MISKIN!!!"

Alhamdulilah semua serentak pada diem yah. Yang gede pada ngeliatin gue. "HEH LO YANG GEDE!NGAJARIN YANG GA BENERRR!!SINI LO!SINIII!!!"

Sebenernya rada ngeri juga gue, soalnya doi bawa balok, takutnya gue dilempar lalu mati.

Nyokap gue di dalem nyuruh gue masuk, masuk, tapi gue diem aja.

Sumpahh,, orang2 gaada yang peduli sama kelakuan mereka tadi. Gue ga ngerti apa yang terjadi sama orang2 disini!!!

Beberapa anak jalan perlahan tapi pasti ke arah pulang, menjauhi gue, sebagian lagi ada yang duduk di portal. Yang gede dateng, nyuruh mereka balik. Ada yang ngikut, ada yang masih betah disitu tapi ga ngapa2in. Duduk anteng.

Biar keliatan lebih yo'i gue mengucapkan kalimat terakhir : "SEKALI LAGI BERRRANI LO PADA KEMARI. LIAAATTTTT LO SEMUA!!!LIATTTTT!!!" Sambil nunjuk2 pake jempol, e bukan, pake telunjuk.

Gue masuk, tutup pintu. Nyokap bilang "orang gaada yang peduli juga kok kamu repot2 amat.."

Lalu gue tambah sedih...

Kenapa gaada orang yang peduli???

KENAPA???
*pake zoom 5 kali biar kaya Cinta Fitri.

Sumpah, kalo ini gue ga lebay,. Setelah gue tereak2, nyokap gue masuk kamar, gue termenung sendirian di dapur, diterangi lampu senthir yang remang2 dan gorengan serta es teh.. #LoPikirAngkringaaann. Gue masih inget muka anak2 tadi, sumpahhh polos2,. kaya baru diajak sok2 tawur kaya gitu. Ada sih yang mukanya udah bejat pasti dia sudah pernah nonton film porno dan hobinya maen ke rental PS ngabisin duit emaknya.

Ada kalimat yang tadinya mau gue ucapkan : "Kalo mau berantem jangan pada disini!Pindah sana ketempat laen!"
Tapi ga gue ucapkan.
Ask me why and I'll answer because,,,,,,, Kalo gue ngomong begitu, mereka akan melanjutkan pertempuran ditempat lain. Gue ga mau! Gue ga mau hal itu terjadi.... Please ngertiin guweh.. #halah
Gue bener2 berharap mereka langsung pulang kerumah, cuci kaki, cuci titit, berdoa, terus bobo dan besoknya sekolah dengan riang gembira...

Lalu mari kita coba sama2 berfikir...

Tawuran, kalo diawali dengan kejadian seperti tadi, akan menjadi habbit. Ngerti kan kenapa di kampung2 khususnya jakarta banyak kejadian kaya gitu?Karena dari kecil mereka udah membiasakan diri dengan hal-hal semacam itu. Tentu aja orang tua paling berperan penting. Nah, orang tuanya aja ga peduli anaknya ngapain. Kondisi sosial, ekonomi terutama bikin mereka semua jadi kaya gitu. Pendidikan di nomer sekiankan. Padahal pendidikan ga harus dimulai dari sekolah, tapi personal, dari hati ke hati.. Mungkin mereka belum disadarkan kalo kondisi ekonomi bisa berubah asal mereka mau berusaha.

Pengaruh lingkungan. Ya iyalahhh ini penting juga!
Masa anak-anak dan remaja itu bahayaaa banget. Yang gede lagi pengen diliat "Ini lho gueee!gue hebat!gue bisa begini dan begitu!" Lalu mereka memperdaya teman2nya yang umurnya dibawah mereka buat jadi kacung2nya. Dengan merekrut orang2 yang lebih rendah (secara umur, secara mikir), mereka akan mereasa lebih oke karena bisa memimpin, ditakuti dan dipatuhi. Lalu yang kecil2 akan belajar dan lama2 mikir kalo cara hidup yang gede2 tadi itulah panutannya. 

Mereka itu butuh dibimbing. Butuh kegiatan yang berguna. Butuh dikasih tau. Butuh Kasih Sayang. Dari film2 yang pernah gue tonton, anak2 macam gitu gabisa dikerasin balik, mereka bakal ngelawan, tinggal gimana kreatifnya orang2 yang mau ngubah mereka. 
Gue mau.
Gue punya rencana sejak lama.
Gue pengen ngerubah hal yang besar mulai dari lingkungan gue sendiri. Dengan begitu orang2 lain bisa terinspirasi, sama kaya gue yang terinspirasi dari banyak orang lainnya, lalu mereka akan melakukan hal yang sama di lingkungan mereka sendiri.
Tapi gue belom punya uang buat memfasilitasi. Gue ga punya cara buat ngedeketin mereka. Gue ga tau harus bagaimana memulainya.

Semoga dengan nulis ini, akan ada yang bersedia membantu gue suatu saat nanti..

Share:

0 komentar