Japan Winter Holiday

"Jepang asyik banget, Mon.... Gua sampe males banget mau pulang"



Gitu katanya temen gue 2 tahun lalu waktu abis pulang liburan dari Jepang. Gue kira dia berlebihan, tapi....



Di tahun 2014 gue pernah bikin resolusi buat jalan-jalan ke Korea pada tahun 2015. Gue mulai riset harga penerbangan, akomodasi dan bikin budget pengeluaran. Tapi, apa daya, karena keterbatasan dana gue sama Jarod akhirnya ke Bali ajah... 

Pertengahan tahun 2015 ada promo Air Asia untuk ke Jepang yang sayang bila gue lewatkan, plus denger-denger waktu itu, pergi ke Jepang adalah Free Visa. Yeah! Ternyata nggak juga. Setelah beli tiket gue baru tahu kalo Free Visa cuma berlaku buat pemegang E-Passport. Gapapah, tetap semangat. 

Setelah beli tiket gue mulai riset lagi buat segala akomodasi dan kawan-kawannya selama di Jepang plus bikin itinerary yang melingkupi tempat apa aja yang mau gua sambangi. Ternyata liburan ke Jepang mahal ya... Tapi gapapah, karena prinsip gue dan Jarod adalah "Jalan-Jalan Terus Sebelum Punya Anak" Jadi selagi punya uang IT DOESN'T MATTER laaa, tar kalo uangnya udah dipake buat beli susu, popok dan tetek bengeknya malah ga sempet menikmati indahnya traveling berduaan.

Total lama menginap kami disana adalah 7 hari full, nggak terhitung transit dan penerbangan lho (nggak kaya kalo kita ikut tour) dengan rincian kaya gini: 



Pada prakteknya sih nggak kaya gini banget perjalanannya, tapi nanti bakal gue jelasin di Japan Winter Holiday - Part 2. Nah kalo lo liat tanggal 19 - 21 ada yang namanya Kanto Buffet, itu adalah paket wisata yang gue beli dari Indonesia. Dengan paket ini gue bisa jalan-jalan ke tiga tempat yaitu Nikko Edo Wonderland, Kawaguchiko lalu main ski di Gala Yuzawa, plus JR East Wide Pass dan naik Shinkashen dengan harga yang murah banget. Paket ini bisa dibeli di Dwidaya Tour, kemaren sih totalnya untuk 2 orang itu Rp. 6950 juta, tergantung rate saat lo pesen, sih.

Selama di Jepang, kami numpang di apartemen senior waktu di UGM yang lagi nyelesein S2 disana. Ngirit banget! Soalnya selain bisa masak (Indomi) sendiri, biaya akomodasi juga jadi menciut. Di Jepang, tempat nginep paling murah yang bentuknya dorm gitu harganya around JPY 3000/night /person, dan emang katanya rata-rata hotel disana ngitungnya per person.

14 Januari 2016 kami berangkat dengan bekal MYR 250 dan JPY 34000 yang di convert dari USD 300. Kenapa nggak nuker uang pake rupiah aja? Karena menurut gua kalo pake USD dapetnya bakal lebih banyak. Iya ga sih? Nggak ya? 

TRANSIT DI KL

Berangkat dari Jakarta jam 7 malam, lalu transit 16 jam di KL. Kami nginep di Hotel Prescott seharga Rp 400.000 yang udah King Size bed! Belinya di Agoda. Hotel ini letaknya strategis banget yaitu di KL Sentral yang bisa ditempuh dengan berbagai macam transportasi dari KLIA2. Gue tentu pilih naik bus karena harganya cuma MYR 11, kalo naik kereta harganya MYR 55, lho, padahal beda waktu sampai-nya kaya cuma 15 menitan. Tapi kalo situ mau liat pemandangan dan lebih nyaman sikik naik kereta boleee, kalo kita sih anaknya ngirit aja.

Sampai di KL Sentral kira-kira jam set 12-an, kami jalan kaki kurang lebih 5 menitan buat sampai ke Hotel Prescott. Karena laper, kita langsung makan. Untung gue pinter, dari rumah udah bawa 2 ikan balado, 2 rendang dan 2 lele goreng plus 1 kotak gede nasi merah, belom termasuk berbagai macam mie instan yang ada di bagasi buat bekal di Jepang.






Merupakan hotel yang sangat mumpuni untuk sekedar transit. Terus, pagi-paginya ada pemandangan kota kaya gini:

Tapi breakfast-nya serem banget! Makanan yang bisa masuk ke mulut gue cuma sosis yang kayanya mengandung 99% tepung dan 1% daging, sementara telor rebusnya gue sengget masukin kotak bekal.




Puas tidur di KL, kami berangkat lagi ke KLIA 2, masih dengan menggunakan bus yang harganya murah, untuk mengejar penerbangan jam 2 siang. Eh, jam 2 pa ya? Iya, jam 2. FYI, harga uniqlo di KL lebih murah! Jaket musim dingin yang dirumah harganya 1.5 jt an disana cuma MYR 149 an, kalo dirupiahin sekitar 500.000an. Edan!

Lanjut!


Share:

0 komentar