A Piece About the Past

Bullying.
Banyak banget di berita jaman sekarang soal kaya gituan.
Tapi coba deh lo flashback lagi, lo inget2, pernah ga lo jadi korban semacam itu?

Gue pernah.
Ga nyangka kan?
Sama.

Berikut adalah sesuatu yang belum pernah gue ceritain ke orang2, tentang pengalaman gue semasa masih sekolah di Jakarta. Di bully dan di lecehkan secara seksual.


Bab1: Rasisme


Gue adalah anak dari perkawinan yang dicampur, tercampur atau mencampurkan diri. Nyokap gue asli Jawa, dan bokap gue asli Riau dimana bokap gue adalah seorang keturunan (baca: cina). Gue lahir sebagai cucu pertama dari kedua belah pihak, makanya kelahiran gue waktu itu adalah sesuatu yang sangat dibanggakan keluarga gue.

Waktu kecil, gue udah keliatan bakat itemnya, beda banget lah sama anak2 dari keluarga bokap yang lain, tapi gue lucu lhoo :p

Beranjak besar, SD, gue terlihat sangat buruk rupa. Ya pokoknya kaya yang gue sebutin di postingan sebelum ini lah. Gue sering banget dikira pembantu bahkan di rumah sendiri!
Suatu hari, ada tukang pos nganter surat, dia bilang "mbak, ibunya ada?"
See????
Masih ada lagi, kalo gue nginep di tempat sepupu dari bokap, gue juga sering dikira pembantu.  Pas lagi jalan2 sore di taman, ada bapak2 cina ngedeketin sepupu gue (yang masih batita) terus bilang ke baby sitter sepupu gue itu "ini pembantunya juga ya?yaampun, kecil amat??"
SAAAAKIIIITTTTTTTTT HATII GUE PAK!!!SAKIIITTTT!!!!
Kemudian, waktu di resepsi kawinan sodara bokap, pas lagi makan bedua bokap, sodaranya yang lain dateng (gue ga kenal), bapak2, ngajak ngobrol, ga lama kemudian dia sadar disitu ada gue terus dia nanya :
"Siapa ni Hiung?" << Nama cina bokap adalah Ahiung.
"Anak gue paling gede.." sambil nyuruh salaman.
"Anak lo??? ITEM AMAAATTT???"

Gue sedih meeen... sedih banget!
Gue bilang ke nyokap dengan menahan air mata.. gue sampe bingung gue ini anak siapa, soalnya ade gue aja putih!
Dan gara2 banyak kejadian itu, gue jadi benci sama cina. Gue ga peduli walopun leluhur gue adalah cina. Gue ga suka!


Bab2: Kehilangan Eksistensi


Nyokap gue adalah guru TK di sekolah dimana gue menuntut ilmu selama 9 tahun. Secara ga langsung, gue "dianggap" di sekolah, apalagi nyokap gue dinilai sebagai guru dengan kredibilitas tinggi disana. Tapi menjadi orang yang "dianggap" tidak selamanya menyenangkan, banyak kemudahan yang bisa gue ambil selama gue sekolah, tapi lebih banyak kesusahan yang gue terima.

Gue memang adalah anak yang malas, tapi sebenernya gue ga goblok. Gue cuma lebih seneng melakukan semua hal dengan santai. Saking santainya, nilai gue sampe pada jeblok semua.

Waktu SMP, gue punya beberapa teman yang aslinya, nyokoap gue ga seneng kalo gue main sama mereka karena menurut nyokap mereka bisa membawa pengaruh buruk buat gue. Iya gue akuin, emang mereka adalah anak2 malas juga, setelah gue pikir2, alesan nyokap wanti2 gue buat jaga jarak sama mereka ya itu, gue ga akan bisa maju kalo terus2an bergaul sama orang yang ga punya visi.
Menjelang kenaikan kelas, mereka masih nyante2 aja, gue enggak, gue mikir kalo gue ga belajar, gue ga naik dan gue ga mau memalukan diri sendiri dan keluarga. Singkat cerita, mereka ga naik dan gue berhasil naik kelas dengan nilai ngepassssss.
Salah satu ibu dari mereka ga terima. Dia dateng ke sekolah dan marah2 sama kepala sekolah, dalam amarah, dia bilang 'Kenapa Monic bisa naik sedangkan anak saya tidak? Monic juga adalah anak yang bodoh, sama seperti anak saya' - intinya kaya gitu pokoknya,
Nangkep maksud cerita gue kan?
Ibu itu menganggap kalo gue yang bodoh dan malas ini bisa naik kelas karena nyokap gue.
Gue tersinggung. Tapi nasi sudah menjadi Taik.


Beberapa dari guru gue selama sekolah memang gue nilai tidak adil. Mereka GAK PANTES jadi guru. Guru yang seharusnya disayang murid dan bisa memahami murid itu ga ada buat gue.

Lo inget jamannya Dokter Kecil kan?
Pas SD,  profesi itu idola banget buat anak2.
Gue pun pengen banget banget jadi dokter kecil, tapi ga kesampean.
Dokter Kecil dipilih berdasarkan nilai akademik, artinya, anak yang nilai ulangan sama rapotnya jelek atau gak ranking mendingan ga usah mimpi dapetin profesi itu.

Itu sangat ga adil menurut gue!

Kenapa?

Harusnya semua hal tidak dinilai dari hasil rapot!!!
Emang kalo anak pinter pelajaran, ulangannya bagus2 terus mereka juga pinter dalam segala hal??
Nggak kan?
Dan harusnya, kalo ada Dokter kecil, ada juga profesi2 kecil lainnya. Atau, semua anak berhak bergantian mendapat tugas menjadi Dokter Kecil, sehingga semua bisa belajar bertanggung jawab.

Gue memang pernah menyumbang sedikit nilai buat sekolah gue lewat lomba gambar walaupun cuma menang sampe tingkat kecamatan.
Menurut gue, potensi masing2 anak harusnya di gali dalem, dalem dan lebih dalem. Yang gue harap dari ini adalah, ketika seorang guru melihat potensi muridnya dalam suatu bidang, mereka sebaiknya memberikan pelatihan lebih supaya murid tersebut bisa berkembang. Dulu gue memang dapet pelatihan, SEHARI sebelum lomba, dan setelah lomba selesai, gaada tindak lanjut dari sekolah. Yaudah. Gitu aja. Kelarrrrrr.

Ketidak adilan lagi2 gue temukan waktu gue SMP.
Waktu itu ada lomba koor antar sekolah dan seinget gue, itu mendadak.
Langsung aja guru gue ngumpulin anak2 'pinter' buat ikutan lomba.

CATAT: ANAK-ANAK PINTAR.

Gue liat kok waktu itu gimana busuknya suara mereka waktu latian. And that was one fuckin moment! Gue ngerasa mirrrriiiissssss banget ngeliatnya! Gimana bisa mereka dipilih cuma karena mereka pinter dalam pelajaran????
Temen2 gue yang lain pun sebenernya banyak yang punya suara bagus dan mereka ga masuk dalam top list cuma karena nilai ulangan mereka jelek2!!!
FUCK!


Bab3: Sexual Harrasment


Pasti gaada yang nyangka gue pernah mengalami hal semacam ini. Ini pertama kalinya gue cerita, lewat blog, dan gue sadar,. sangat sadar ini mungkin akan berdampak entah buruk atau enggak di kehidupan gue selanjutnya karena cerita ini juga gue publish di FB, ada guru2 dan temen2 sekolah gue dulu disana.

SMP kalo ga salah kelas 7 atau 8 gue punya guru laki-laki dan sudah berkeluarga yang ngajar komputer sekaligus bahasa inggris. Dan sekarang dia masih ngajar disana.

Pelajaran komputer waktu itu merupakan pelajaran yang pengen banget gue skip!
Karena disana gue merasa dijahati.

Pak guru itu selalu memberikan soal yang (menurut gue) susah, dan gue ga inget kapan pertama kali dia ngelakuin hal itu, setiap gue nanya cara mengerjakan soal, dia berusaha menyentuh 'barang' gue.
Dia ngedekap dari belakang, bersikap sok manis, terus tangannya diletakkan di dada gue. Mulutnya di deketin di kuping gue dan dia ngasih tau jawaban dengan posisi seperti itu.

Awalnya gue pikir, itu bukan suatu kesengajaan, tapi hal itu dilakukan berkali-kali dalam setahun atau dua. Gue ngerasa banget diluar pelajaran komputer, gue bukan murid yang dia senangi. Dia lebih banyak nyelak dan gue ga inget dia pernah memberi gue pujian untuk pelajaran dia yang gue bisa.
Pernah suatu kali dia nyuruh kami gambar pemandangan, oke gue akan sedikit sombong karena menurut gue, gambar gue termasuk oke daripada yang lain. Sementara yang lain gambar gunung pake sawah, gue gambar bunga matahari gede banget dengan latar belakang gunung. Terus apa yang dia bilang - "GAMBAR APA KAMU? INI MENUNJUKKAN KALO KAMU ITU GAK PUNYA PERNCANAAN!" - dengan muka yang bener2 gaenak dan buku gambar gue yang sedikit dibanting depan gue. Sementar yang gue pahami adalah, seni itu adalah ketika kita bisa sebebas2nya berkreasi. Ga ada yang salah dari berkesenian. Siapa bilang gue gambar itu ga pake rencana dulu??

Balik lagi ke masalah awal.
Setelah lama2 gue merasa itu adalah sebuah kejanggalan yang amat sangat, gue cerita ke salah satu temen gue, cowok, dan dia bilang dia juga ngerasain hal yang sama (tapi gue ga tau apa yang di grepe2 dari temen cowok gue itu).
Sumpah gue masih inget banget waktu dia dengan sangat sengaja ngelus2 bagian dada gue!
GUE JIJIK!!!
GUE JIJIK TIAP LIAT MUKANYA!!!SAMPE SEKARANG!!!
Selain itu, dia juga cuma baik sama anak2 cewek yang deket sama dia. Anak2 cewek yang pinter ngomyang, dan ngerayu. Di depan mata gue, mereka bercanda, kepalanya di elus2, dan becandaannya kentut banget. Gue sampe ga habis pikir!

Ngerasa ini hal yang gak lazim, gue ngadu ke nyokap. Dan nyokap nyuruh gue bilang ke suster kepala.
Too bad, no one believed in me!
Suster menganggap hal itu cuma kebiasaan yang 'tidak disengaja' dan ga perlu di besar2kan.
Well suster, apakah kebiasaan ngelus2 dada anak perempuan itu adalah hal yang ga disengaja??? Atau emang lo belom pernah digituin makanya lo ga tau gimana rasanya dilecehkan???

Apa sih yang gue harapkan dari pengaduan itu?? Gue gak pengen ada anak2 lain ngalamin hal serupa!!!
Gue emang pengen dia dilenyapkan dari muka bumi ini! Buat gue dia adalah ancaman bagi anak2!!


Pas gue semester 4 kemaren, nyokap gue bilang kalo dia nyesel dulu ga percaya sama gue. Emang dulu dia nganggep omongan gue cuma omongan anak2 yang ga perlu sepenuhnya dipercaya. Dia menyesal. Dia juga bilang gue gausah nyimpen dendam ke guru itu.

Gue gak dendam. Tapi gue jijik.


Banyaknya kejadian yang gue alamin itu bikin gue mantep banget pindah ke jogja.
Bener aja, disini gue merasa bener2 hidup!
Mulai dari SMA, semua guru gue gaada yang pilih kasih. Semua anak bisa berkembang secara merata sesuai dengan potensi masing2. Intinya, ga ada anak yang ditinggalkan. 
Demokratis, Adil.
Anak yang bagus nilai ulangannya, posisinya sama dengan anak yang nilai ulangannya ga bagus.
Dengan bangga gue bilang TERIMAKASIH STELLA DUCE 2 telah membuat gue jadi anak yang berpandangan luas, ga malu, dan bisa menemukan kelebihan dari segala kekurangan gue.

Akhir kata, gue bener2 pesen ke setiap orang yang baca ini, baik kalian adalah orang tua, guru maupun calon orang tua dan calon guru supaya bener2 perhatiin anak2 kalian, bener2 dengerin omongan anak2 kalian, bener2 jangan dianggap sepele apa yang di aduin anak2 kalian, karena gimanapun juga masa2 SD dan SMP sangat berpengaruh di kehidupan mendatang. Trauma itu gabisa ilang.
Juga jangan pernah bilang kalo anak kalian itu GOBLOK. Semua anak lahir dengan bakat masing2. Mungkin emang ga pinter dalam pelajaran, tapi dia mungkin pinter di bidang yang lain.


Share:

1 komentar

  1. masyaallah mon...guru cowok mu jijay banget dah kriminil... dah di penjara belom tuh orang??? ijin share dah... yup kita semua sodara setanah aer... ga peduli beda agama, suku, ras, adat ato apapun yg jelas kita sama2 makhluk ciptaan Tuhan...and bullying is one of the most inappropriate thing in the world

    BalasHapus