My Wedding Vendors - Part I

Mungkin cuma gue calon pengantin yang seminggu sebelum hari H masih kerja, sehari sebelumnya masih nyetirin nyokap ke Rawa Belong nyari kembang, malemnya ngurusin check-in hotel keluarga dan nyikat kamar mandi, sampe nggak sempet perawatan apa-apa. I didn't even had the chance for mani-pedi. Sungguh....

FYI, gue nggak pake Wedding Organizer dari awal. Selama setahun gue urus semua sendiri, mulai dari bikin plan, budget, rundown, sampe ke hal-hal yang kecil. Ada dua alasan kenapa gue memilih jalan ini (AZEG):

1. Gue pengen semua berjalan sesuai dengan yang sudah kami cita-citakan
2. Biar nggak buang-buang uang

Lho lha iya, kamu tau kan jasa WO full (dari planning - hari H) itu berapa? Nggak tahu? Tak kasih tahu ya, harganya itu minimal 10 Juta, MINIMAL. Sekali lagi, minimal ya mbak... itu juga (menurut pengamatan saya) cuma WO sekenanya aja. Ya, gitu deh. Belom lagi kalo WO sekenanya seharga 10 juta itu melakukan penistaan pernikahan, kaya, naikin harga perintilan yang kamu inginkan jadi 2 kali lipat, atau merekomendasikan kamu ke vendor-vendor yang harganya mahal banget tapi hasilnya, YA ALAH TOLONG.

Anyway, akhirnya gue pake WO juga sih di hari H. HAHAHA. Karena keberadaan mereka, tidak bisa dipungkiri sangatlah penting! Tapi.... Cermat dan berhati-hatilah dalam memilih WO. Untungnya kemarin gue berada di tangan WO yang TEPAT. 

WEDDING ORGANIZER

Di hari H, gue dibimbing sama Om Kumis dan team dari De Satu. Eh, nggak cuma hari H lho, sampe pengurusan catatan sipil juga dia yang nanganin. Sistemnya team om kumis ini ngikutin maunya pengantin, nggak nawarin vendor ina inu, tapi memastikan semua vendor yang kita pilih dapat bekerja sebaik-baiknya. Team juga akan turun sendiri ke dapur, melihat berapa makanan yang keluar, memarahi orang kitchen kalau ada gelas atau piring yang kotor, dan menjaga angpao dengan segenap jiwa raga. 

Berapa harganya, Mon?

Budget lo berapa, discuss aja sama om kumis di 081210520079.

VENUE

Gue pilih Chakra Venue karena berbagai alasan:

1. Sesuai dengan tema dan konsep pernikahan
2. Harga yang rasional dan WORTHY
3. TEMPATNYA BAGUS BANGET
4. Kata ade gue "Lo goblok ce kalo nggak pilih tempat ini"
5. Hemat di budget dekor

Sebelum ketemu CHAKRA, gue udah nyari-nyari beberapa venue di Jakarta tapi gaada yang sreg. Kalau mau cari yang murahan, palingan dapet di daerah macet-macet dan banjir, atap ballroom-nya pendek, terus udah sama paketan dekor yang YA ALAH TOLONG. Jadi gue menggeser otak.

AHA!

Gue pun mencari venue yang emang udah cakep dari sononya, jadi nggak perlu dekor pake banget. Namun sayang, beberapa restoran lucu yang gue kunjungi ternyata cuma muat paling pol 50 orang, gitu-gitu. Sempet juga cek ke Teuku Umar Mansion sama Rumah Imam Bonjol (kalo nggak salah itu namanya), tapi harga sewa tempatnya aja 70juta, tempat parkir kurang luas, belom tambah kursi, meja, makanan, AH SUDAHLAH.

BTW kalo ada yang mau bikin acara di daerah Jakarta Timur, ada Azilla Villa, itu murah dan bagus! Nggak gede sih, tapi bisa dicoba lho sis.

Balik lagi ke CHAKRA. Hampir semua tamu yang kemarin dateng ke #MonicJarod #BestDayEver bilang "Tempatnya jauh tapi bagus banget!", "Makanannya enak banget!", "Romantis banget, mon!". Ihhh seneng deh....



Thank you CHAKRA dan marketingnya, Ina, yang udah ngurusin pawang dll, makanan pun turah-turah padahal nggak upgrade. Poin plus untuk bikin acara wedding di CHAKRA selain makanannya yang pasti enak dan banyak, serta tempatnya yang indah dan bikin baper, lo juga nggak akan diusir dari venue setelah acara. 

Tak kandani yo, banyak lho gedung-gedung serbaguna yang saklek banget sama waktu pemakaian tempat. Misalnya lo cuma ambil paket 4 jam, ya lewat dari 4 jam lo disuruh keluar kalo ga tambah bayaran (benar begitu bu ibu?). Disini lo bisa pakai venue seharian, asal nggak lewat dari jam10 malam. Kalo kemaren gue bikin acara dari jam5 sore biar banyak spare time, nggak dioyak waktu, bisa foto-foto sampe bego, terus bisa lari-lari cari makanan tanpa alas kaki, soalnya cinderella capek pake bakiak.

Eh ini postingannya masih panjang, masih mau baca? Terusin ke PART II ya...




Share:

1 komentar

  1. ONESTOPWEDDING PACKAGE 100jt
    u/500PAX :

    Venue outdoor, Green Andara clubhouse

    Catering 500 pax
    Buffet
    - nasi putih
    - nasi goreng
    - sop
    - masakan daging
    - masakan ayam / ikan
    - masakan osengan / cah
    - masakan sayuran
    - kerupuk
    - air mineral

    Dessert
    - buah potong
    - aneka puding
    - soft drink / juice
    - aneka snack

    Stall
    - kambing guling 2 ekor
    - zuppa soup 200 porsi
    - dim sum 200 porsi
    - pempek palembang 200 porsi
    - es krim 200 cup

    Rias / busana
    1. Pengantin akad / resepsi
    2. Orang tua 2 pasang
    3. Melati ronce CPP
    4. Penerima tamu

    Dekorasi
    1. Dekorasi wedding gate
    2. Standing flower
    3. Dekorasi backdrop photoboth
    4. Dekorasi meja akad nikah
    5. Dekorasi photo galery
    6. Dekorasi buffet/dessert
    7. Dekorasi pelaminan
    8. Dekorasi fresh flower mini garden
    9. Dekorasi panggung musik
    10. Buku tamu
    11. Kotak ampau
    12. Janur

    Foto / Video
    1. Album kolase 10 lembar full edit
    2. Foto frame 30 x 40cm
    3. CD full edit
    4. Video cinematic

    Free
    1. MC
    2. Sound system
    3. Akustik
    4. Soto ayam lamongan + nasi 50 porsi / setelah akad
    5. Buffet VIP 50 porsi

    BalasHapus