Malu Banget Pegang Recehan?

Saya Monica, saya ngumpulin recehan.

Cepek, nopek, gopek, ceceng, semua koin yang saya terima sebagai kembalian masih suka saya kumpulin di kaleng bekas astor. Suatu hari, karena recehan makin banyak dan nggak pernah dipake jajan, saya bawa ke kantor buat beli makan siang. Eh, OB di kantor saya malu banget beliin makanan saya pake recehan yang udah saya isolasi-in jadi gocengan (lima ribu).

Ternyata belakangan ini banyak saya temui orang-orang yang males dan malu banget megang recehan. Kenapa ya?

Sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit

Waktu sekolah di Jogja, dari SMA sampai kuliah, saya udah ngumpulin recehan di botol bekas aqua yang merk-nya Danone. Ketika uang makan habis, buku tulis habis, pulpen ilang, bahkan kalau sabun mandi jatoh ke kloset, saya beli itu semua pake recehan. 



Pas lagi laper dan saldo di ATM nggak mumpuni buat diambil, ya saya bongkar recehan buat beli nasi telor pake sambel sama lalapan. Nasinya dibanyakin biar kenyang. Iya, segitunya, dengan recehan saya bisa melar sampe 62kg. 


Jadi inget. Dulu 2 tahun kerja di advertising agency (anak ahensi banget mbak?), saya bisa ngantor pake kostum kuliah, tapi, waktu mulai in house di perusahaan pada umumnya saya musti pake baju rapih layaknya karyawan 8 to 5. Di lemari saya nggak ada baju kantor sama sekali! Kaleng recehan saya bongkar dan hasilnya bisa beli beberapa kemeja, rok, celana kerja, sepatu teplek sama blazer. 



Betapapun orang lain menganggap receh sebagai bentuk nilai tukar yang memalukan, saya tetap memandangnya sebagai uang, berharga dan memiliki nilai, bagian perjalanan hidup saya (AZEG LEBAY). 

BTW bentar lagi kita bakal jarang banget nerima kembalian recehan sih, secara naik angkutan umum udah pake kartu.

Share:

0 komentar