Ziarah Makam

Kira-kira udah 10 taunan gue gak ziarah ke makam oma opa. Ni barusan gue dari sana sama bokap nyokap. Ternyata ada hal-hal yang ga berubah disana sejak terakhir kali gue berkunjung.

Kuburan oma, opa dan tante gue itu di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dulu, tiap taun terutama Natal, Tahun Baru dan Imlek kami pasti kesana. Tapi belakangan semenjak gue rada gede dan pindah ke Jogja, paling cuma setaun sekali doang orang tua atau om tante gue pergi ziarah.


Terakhir gue kesana, jalanan ini masih rumput bertanah merah gitu, jadi kalo ujan beceknya minta ampun, udah gitu banyak nyamuk! Belom ada rumah disekelilingngnya, cuma kebon sama nisan doang.


Ini nisan Opa gue, lo liat kan tu nama cucunya cuman Monica Lilyani Halim! Hahaha! Soalnya gue cucu pertama.. Beruntung gue masih sempet diasuh, digendong, diajak main sama beliau dulu,.


Itu, bukan penampakan saudaraku. Itu bapak ibuku. Kata nyokap, doi punya foto berdua dengan posisi yang sama sekitar 20taunan yang lalu. Tapi gue ga nemu tu foto ada dimana.,


Ini. Kuburan ini isinya anak umur 9 taun men! Gue inget dulu tiap ziarah setelah doa buat opa, gue selalu berdoa buat dia. Gue ngerasa, umur gue dan dia waktu itu hampir sama dan dia udah harus meninggal. Sedih kan..


Ini oma gue,. Gue inget banget dulu bagaimana dia meninggal. Biasa kalo hari minggu kan suka masak yang enak-enak, nah siang itu dirumah masak seafood, malemnya oma gue dadanya sakit. Terus orang-orang dirumah pada panik. Gue berdiri, memperhatikan semuanya, sendirian di depan kamar oma. Om gue pergi jemput dokter yang biasa nanganin keluarga gue, setelah itu oma dibawa pergi (yang setelah gede gue tau dibawa ke RS). Abis itu gue ga inget apa lagi kejadiannya, ingatan gue langsung menuju ke kuburan, gue liat peti dimasukin kedalem tanah, orang-orang pada nangis, terus gue juga nangis. Gara-gara digigit nyamuk.



Nah ini tante gue. Gue ga sempet diasuh doski soalnya doski meninggal muda, gara-gara leukimia. Sedih banget. Kurang lebih se gue begini waktu meninggalnya, umur 22, meninggalkan seorang tunangan.


Ini. Gue. ehehehehhehehehhehehehehehehhehehehhehe


Berikutnya!






Ini pak Sabri namanya, yang ngejagain kuburan. Dia sama anaknya dan satu lagi bapak yang gue ga sempet potoin udah jadi kuncen sejak tante gue yang pertama ini meninggal, jadi tiap taun kalo kami kesana, mereka yang nyamperin, ngebersihin, ngurusin perpanjangan kuburan dan segalanya.






Nahh! Pompa ini adalah pertanda kalo ziarah makam udah kelar. Dari dulu modelnya iniiii aja.. Tempatnya ya disiniiii aja Gak berubah! Gue kalo cuci kaki ngilangin gatel-gatel sama sepatu yang berlumuran tanah merah ya disini.


Es krim ini, warnanya oren, rasa jeruk, dan ini masih ada! Gue amazed abitch! Gue ga pernah nemu eskrim woody dimanapun kecuali di Tanah Kusir!!


Minuman rasa mocca ini juga ga pernah gue temuin ditempat lain selain Tanah Kusir! Gue demen banget minum ini waktu kecil..


Jalan keluar, banyak banget pengemisnya,.


I tell you what! This is the best Soto Mie in town! I've never tasted any delicious one like this before! Jempolan banget lah! Tapi kalo ini sih baru, belom lama kayanya, soalnya gue baru liat ini sekarang, dulu mah gaada..

Oke, ini terakhir tambahan,. berikut foto oma, opa sama tante gue..



Gue inget suatu kejadian dimana waktu gue mau tidur, gue digendong di pundak bokap. Waktu itu gue mungkin sekitar 5taunan. Pas digendong itu, gue liat ada Oma, Opa, dan Tante gue, duduk bertiga di sofa depan TV. Terus Gue bilang "Good night oma, good night opa, good night tante fifi.." sambil waving. Mereka gak ngomong, tapi senyum. Itu gue masih inget banget! Jelas di kepala! Padahal, yang terakhir meninggal itu oma gue, tahun '93, artinya itu gue masih 3 taun..


-TAMAT-

Share:

0 komentar