likalikujakartak

Hari ini gue mau share tentang kehidupan beberapa orang di Jakarta yang gue temui maupun diceritakan, seharian ini.


Ini hari minggu, harinya santai-santai..
Tapi lalu jadi hari yang penuh amarah buat gue.

Jadi, tadi siang gue sama sepupu pergi nyari gorengan. Tante gue bilang, gorengan yang enak itu ada di Pintu Seng. Buaat yang belom dan pasti pada ga tau, Pintu Seng itu nama daerah perkampungan di sebelah daerah tempat tinggal gue. Perkampungan yang padat dat dat!
Lo bisa nemuin hampir apaaa ajaa disitu, dari barang elektronik sampe makanan aneh2. Gue aja sampe herman!
Di tengah jalan yang sempit nan berliku, ada angkot tau ngetem tau ngapain, berenti gitu aja dan membuat macet jalanan. Gilak! Jalan sempit yang cuma bisa dilewatin 1 mobil plus disalib beberapa motor plus gerobak tukang2 jajanan yang parkirnya sampe jalan kaya gitu, sehari-hari dipake buat 2 jalur! Nekat.
Dan lo tau lah angkot, supir angkot lebih tepatnya, kalo nyari penumpang suka ga peduli jalanan.
Gue yang kebawa esmosi karena mo dapet (kayanya) jadi ngomel2 ke supir. Kenapa eh karena, si supir juga ngomelin gue yang katanya ngalangin jalannya. Taii kucing kau bang! Kau pikir jalan ini yang bangun pakek duit bapak kauuu????

Terus sampe rumah, gue berikrar, gak mau lagi lewat jalan terkutuk itu.


Hal kedua.

Tadi, gue bertiga sama bokap nyokap pergi kerumah sodara di tanggerang, di perjalanan pulang, nyokap cerita. Beberapa waktu lalu, ada bus transjakarta nabrak orang, padahal supirnya perempuan. Seorang ibu 3 anak tanpa suami. Setiap hari dia bangun sekitar jam 2/3, ngurusin keperluan anaknya, nganter anak2nya kerumah orang tuanya (buat dititipin), baru dia berangkat ke pool buat ngambil bis. Baru sekitar sebulanan narik, dia kena musibah nabrak orang sampe mati... :((

Masih di perjalanan, di daerah Daan Mogot - Cengkareng, nyokap nunjuk ke satu kendaraan umum dan bilang "angkot ini sekarang kalo narik malem ce,," - "kenapa ma?" - "soalnya udah diprotes dia sama angkot merah"
Angkot merah itu maksudnya angkot2 yang biasanya berwarna oren / merah dan ada nomernya di kaca depan. Sedangkan yang nyokap gue tunjuk2 adalah angkot ga resmi, plat nya hitam yang artinya itu kendaraan pribadi sebenernya, warna mobilnya item kalo ga biru donker, bentuk mobilnya semacam mini bus.
Singkat cerita, angkot2 merah ini memprotes angkot2 item supaya ga beroperasi lagi, karena mereka merasa lebih berhak atas jalanan dan mereka merupakan kendaraan umum resmi. Disamping itu, mereka juga ngerasa kalo angkot item menghalangi rejeki mereka. Maka dari itu, angkot item sekarang beroperasi pada malam hari. Gue ga tau mereka mulai narik jam berapa, tapi tadi pas gue lewat itu udah jam 12an dan jalanan emang belom sepi. "Tapi angkot ini bahaya ce, isinya preman2,. Tapi jam segini ya masih ada yang naik, tu liat, ada penumpangnya" kata nyokap. Iya, dan gue heran jam segitu masih ada aja orang yang naik angkot. "Padahal, angkot kaya gini udah ada dari sebelum angkot2 merah itu berdiri. Jaman Nani (tante gue) kerja kan udah ada ya pa?" jaman tante gue kerja itu berarti gue masih orok, "Iya dulu tante nani berangkat kerja naik ini. Ini sampe Roxy ce" kata bokap, lalu kami berpisah jalur dengan angkot..

Masuk ke perumahan, jalanan di portal. Seinget gue, dulu jalan baru di portal sekitar jam1/2an,.
Baru gue nyeletuk "kok jam segini udah diportal sih?"
Nyokap bilang "udah lama ce, kalo ga di portal, kerja apaan itu hansip2, masa nggaji orang tidur."

Jalanan rusak. Rusak parrraaahhhhh.
Gue nyeletuk lagi "Gila ini mah!Masa separah ini jalanan ga dibenerin??"
Nyokap jawab lagi "Weeee.. Kita kan swadaya ce, bangun jalan segini panjang kan butuh duit banyak..."
"Lah? Kelurahan??"
"Lurahnya mah korupsi doang! Kapan pernah daerah sini dikasih anggaran berapa milyar, tapi kita ga dapet apa2. Tuh, cuma ninggiin jalan segitu doang!"
Iya, gue inget waktu pemilihan lurah, semua petugas (termasuk bokap gue yang jadi sekertaris RT) dikasih seragam warna item lengkap ama topi. Gue sama nyokap bilangnya itu seragam satpam. Padahal calonnya juga cuma satu. Pake segala pemilu di lapangan tai chi <-sebutan buat lapangan kelurahan soalnya sering dipake nenek2 senam tai chi kalo pagi - Setau gue juga, semenjak kepilih jadi sekertaris RT, bokap gue kaga pernah ada kegiatan yang berhubungan dengan RT RW maupun Kelurahan. Jadi seragam itu, gak guna. Ngabis2in duit doang.


Rentetan kejadian diatas bikin gue mikir...
Mencari uang, buat makaaan aja, bisa bikin orang rela melakukan serta menghalalkan apa saja.

Supir TransJakarta, rela bangun pagi buta demi menyekolahkan dan memberi makan anak2nya. Apakah dia salah udah nabrak orang sampe mati??? Belom tentu bahkan mungkin NGGAK SALAH. Ketertiban di jalan raya bukan cuma wajib bagi yang berkendara, yang jalan kaki juga harus tertib! Mungkin dan Sangat Mungkin, yang di tabrak adalah orang yang nyebrang sembarangan. Tau kan artinya BUS WAY?? Mereka udah punya jalurnya sendiri dan kita pejalan kaki, juga punya jalur sendiri buat jalan dan nyebrang.

Terus, kalo gitu apa ini semata2 salahnya pejalan kaki???

Berrrattt ya kalo mo jawab ini,. masalahnya, sarana penyebrangan maupun jalur buat pejalan kaki sangat minim dan beralih fungsi bahkan rusak. Dipake buat dagang,, dipake jalan motor,, dan jembatan penyebrangan jauh, gak strategis serta jaraaang keberadaannya, bikin pejalan kaki tambah capek kalo harus jauh2 tertib biar aman.
Sering juga jalur transjakarta dipake motor ato mobil dengan alasan menghindari macet. Nah, kalo udah gini, ketabrak, yang disalahin supir bus nya.

Supir angkot item, sampe rela bekerja disaat orang2 pada tidur dengan resiko penumpang yang ala kadarnya demi apa? Demi kian Demi moore Demi masa Demi Demi Uaaaang saudarakuuuu... Uang buat makan, buat ngirimin bini di kampung, buat orang tua dirumah... Itu pula alasan supir angkot yang tadi siang bikin macet. Ngejar setoran!
Yak!
Ngejar setoran!!!!
Andaikan saja supir2 itu dibayar dengan sistem gaji dan bukan ngejar setoran, mungkin (pasti) mereka ga selengekan kaya gitu.. Mungkin juga hidupnya bisa lebih tenteram dan tidak boros.

Lalu lurah yang korup....

Gue udah gabisa ngomen apa2 lagi deh kalo soal ini. Udah banyak yang ngomong "Dari instansi paling kecil aja udah korup, ya pantes yang gede2 itu juga korup"

Seandainya saja, sistem di negri ini ga salah kaprah kaya ajaran sesat.
Dan seandainya saja penduduk di negri ini ga cuma ngomong "SEANDAINYA SAJA" terus, kaya yang barusan gue lakukan.

The wind of change is on our hand kan..

Share:

0 komentar