SUAMI RELA LAKUKAN INI UNTUK ISTRI SAAT HONEYMOON DI KOREA!

Yang ngeklik blog ini karena judul diatas, ya maap... itu cuma clickbait.

ANYWAY....

Pergi ke Korea udah ada di bucket list gue sejak tahun 2012 dimana waktu itu masih baru-barunya lulus kuliah, gajinya 3.000.000, buat bayar asuransi 550.000, bayar cicilan motor 700.000, sisanya buat ngantor pake busway, jajan, dan memenuhi standar gaya hidup anak muda Jakarta. Uhhh... so tidak penting yakhan....

Lah terrrooossss... aku menikah. Suamiku ini gak suka Korea2an jadi ga pernah mau diajak halan-halan ke Korea, hingga di tahun ini dia acc katanya "buat hadiah ulang tahun". Ha BUDHAL!

Pesen Tiket

Belajar dari masa lalu, kita pernah ke Jepang naik Air Asia dengan harga promo, terus selama terbang duduknya tegak, ga dapet makan (kalo ga prebook), sempit. Pernah juga naik Jet Star ke Hongkong, dudududuuuu... kondisinya pun tiada berbeza...

Jadi, halan-halan ini gue gamau pake metode terlalu pelit, jadinya kita naik Thai Airways.

Total PP berdua naik Thai Airways kemarin 12jt, ya udah include meal & bagasi masing-masing 30kg plus transit di Thailand << sekali dayung 2 negara terlampaui, walopun ga sempet main jauh-jauh juga.

Pesen Penginapan

Dari Airbnb, kita dapet penginapan di daerah Bucheon which is literally like sejaman ke Seoul, but its OK bikhosssss, penginapan kita tuh MURAH tapi VALUABLE banget!

Dengan total cuma 2jt untuk 7 hari, apartemen kita itu superrrrrrr lengkap isinya. Ada mesin cuci (ya gue nyuci tiap hari), kompor dan perlatan masak lengkap dengan rice cooker, minyak, garem, piring, gelas, mangkok, kulkas, sabun cuci piring, lap, pokoknya bisa masak tiap hari lah. Dan, sekitar apartemen itu ada pasar sama covenient store jadi gampang kalo mau belanja bahan makanan.

Ngapain aja di Korea

Selain hohohohe, kita jalan-jalan ke sekitaran Seoul aja. "kok nggak ke Jeju?" Mendingan ke Bali. "Kok nggak ke Nami?" Lah isinya juga cuma pohon-pohon, mending ongkosnya buat belanja belinji sama MAKAN.

Myeongdong

Myeongdong for me is like a cosmetic mecca, isinya kosmetik, kosmetik, kosmetik, tapi begitu sore nambah jadi pasar jajan. Jajan-jajan di Myeongdong tuh ya, dikit-dikit, lama-lama lumayan juga kalo di convert, jadi tahan diri jangan khilaf. Oh iya, yang jelas seafood mahal.

Makanan yang kayanya perlu dicobain di Myeongdong itu Mandu, soalnya enak tapi nda halal... terus Egg Bread, Corndog, rata-rata harga jajanannya itu dari 3000 - 10000an KRW.

by Jarod Ade Irawan

Nha.. tak kasih tahu ya, kalo di Korea Selatan itu harga rata-rata makanan dan jajanan sama, dan kalo makan makanan utama mending pesen 1 porsi dulu, karena 1 porsi disana bisa dipake makan berdua. Porsinya gedhe banget, include nasi sama side dishes. Biasanya side dish gue yang makan, suami gue makan pake nasinya.

Plus! Kalo suka ngopi, disini banyaaaaaak banget varian kopi yang dijual di convenient store atau warung. Pilihannya banyak, yang paling gue suka itu kopinya Babinski (kalo ga salah) yang ada gambar personil BTS nya, itu enakkkk banget, sedangkan suami suka sama susu melon yang botolnya kaya botol yakult versi giant. Sedangkan orang lokal, sukanya Americano alias kopi sama aer.

Selain jajan, gue juga ke toko-toko kosmetik yang ga ada di Indonesia kaya Stylenanda, terus foto-foto di cafenya, tapi ga beli apa-apa, yah... seperti layaknya turis Indonesia pada umumnya.

Dongdaemun

Kalo Myeongdong itu distriknya turis yang ngabisin duit buat belanja kosmetik, Dongdaemun itu distriknya anak swag, yang kata sepatu di pilok-pilok lah, jaket di sobek-sobek jualnya mahal lah, ya gitu-gitu lah!

Tapi, di tengah-tengah Dongdaemun ada palace sama taman yang kayak gini nih:

Sebenernya masih banyak spot-spot di DDM yang kita visit, tapi nanti blog nya kepanjangan. Next, kita makan di sebuah pasar yang ternyata pernah masuk di acaranya chef Baek. Sebelum berangkat gue pernah nonton episode ini nih, usus goreng pedes! Yang jual halmonie gitu, daaaan kebetulan kita nemu!

Jadi itu usus babi, ditumis pake daun perila sama bubuk cabe. Pedes asin gitu lah! Enak pokoknya mah. Seporsinya 10,000 KRW daaan, cukup beli 1 aja ya, karena porsinya buanyak.

Selain si usus babi ini, makanan khas daerah DDM adalah ikan bakar, ga jauh dari tempatnya si halmonie ini ada banyak warung ikan bakar yang rata-rata harga jualnya sama kok.

Nah ini 1 porsi, isinya ada 3 jenis ikan! Et dah... Harga 1 porsinya 25,000 KRW, air putih gratis (di Korea air putih gratis kok, dan pasti di sediain).

Gyeongbokgung Palace

Biar kayak orang lain, gue juga mau foto-foto pake hanbok dong! Walaupun susah banget ngebujuk suami biar mau pake juga, tapi demi cinta dia mengalah...

Sewa hanbok 2 jam 10.000 KRW kalo 4 jam 15.000, mending sekalian sewa yang 4 jam. Dimana sewanya? Setelah keluar dari subway udah banyak banget kok toko Hanbok Rental gitu, tinggal pilih, nanti pas sewa udah include hair do sama hair piece nya juga.

Dari Gyeongbok, kita lanjut ke Bukchon. Surprisingly, di Bukchon ada tulisan yang intinya "anak kampung sini menolak turis asing!" wkwkwkwk... Wajar sih, soalnya turis kan suka ada yang gatau diri, mentang-mentang masuk area wisata terus seenaknya masuk-masuk rumah orang, atau ngomong kenceng-kenceng.

Udah capek jalan-jalan, terus kita makan di salah satu gang deket tempat sewa hanbok, sup iga atau Galbitang. Huuuuuuu dingin-dingin enak banget makan soppp yalord...

Wah ini ga main-main porsi sama dagingnya ya! Tapi karena kita kemana-kemana jalan kaki, makan banyak gini rasanya sah-sah aja.

Hongdae

The next day, we went to Hongdae dimana anak-anak kuliahan yang hipster-hipster berkumpul. Barang-barang dan makanan di Hongdae termasuk murah (murahnya Korea), ada pasar pernak-pernik, kosmetik dan fashyuuun. Kalo suka belanja baju jangan lupa kau tandai itu toko baju di gang belakang, aduh gue lupa namanya, pokoknya satu-satunya toko yang jual baju murah-murah, harganya 5,000 - 10,000 KRW tapi model-model baru kakaaaa.

Hongdae ini juga base nya si Beige Chuu sama Stylenanda yang gede. Mungkin karena areanya mahasiswa, disini banyak cafe, bar dan warung makan, dan akhirnya kita nyobain makan Korean BBQ di salah satu warung yang rame, isinya udah pasti babi-babian.

Gangnam

TERNYATA DI GANGNAM KAGA ADA APA-APA. Distrik gangnam itu cuma buat orang kaya sama kantor, nah, area yang rame isinya cuma restoran, mostly japanese, udah, gitu aja.

Haneul Park

Hari ke 5 kita ke Haneul, awalnya sih gak ada niat kesini soalnya, alah paling cuma kebon rumput. Tapi, host sama fotografer (yang fotoin kami di gyeongbokgung) nyaranin buat kesitu soalnya kaya lagi ada festival musim gugur atau apaa gitu, yaudah suami jadi penasaran, kita berangkat.

Ohhh jebulnyaaaa... Ya emang cuma kebon rumput sih tapi BAGUS!

Terus ini rumputnya emang lagi nice-nice nyaaaa.... Nah, karena udah hari terakhir festival, areanya rame banget, penuh turis lokal dan interlokal. Nah, FYI aja neh, buat sampe kesini jalannya jauh. Jadi, dari Olympic Stadium kita musti jalan dulu, abis itu sampe di Haneul, kita musti jalan naik, terus naik tangga lagi, ya itu lumayan loh, tapi ya ada ajaaaaa cewek-cewek yang pake sepatu hak, muka dempulan, rok mini, rela naik tangga demi foto cakep diatas! Sungguh...

BTW kalo gamau naik tangga bisa juga naik bus wisata ke atasnya, bayar lagi 3000 KRW dan ngantri lama. BHAY.

Last Day

Hari terakhir, balik lagi ke Myeongdong karena ada beberapa barang yang masih pengen gue beli, sekalian nyobain Inisfree Cafe. Enah, disinilah, akhirnya, gue bisa gandengan sama Lee Min Ho! Kalo di Inisfree jkt kan harus belanja minimal berapaaa gitu biar bisa pake VR jalan-jalan di Jeju sama minho, nah kalo disini bebas! Gausah belanja juga boleh nyobain sendiri, pasang sendiri.

HAHA!

Malu juga kalo diinget-inget, gua ngedate sama minho.

Kisaran Biaya

Kalo untuk liburan versi gue kali ini, dengan makan besar sekali mostly seporsi berdua, jajan 2-3 kali, sarapan di apartemen masak sendiri, banyak belanja skincare & kosmetik buat oleh-oleh, semua $600 exclude pesawat sama penginapan. Nah, biaya segitu udah termasuk bayar fotografer lokal $100 dan masih ada kembaliannya yang kita tuker ke Baht untuk di Thailand.

Kenapa kita bawa dollar? Karena nuker dollar disana lebih BERHARGA daripada disini. Di Jepang & Korea, dollar sobek juga bisa jadi duit tanpa pengurangan value, dan yang pasti rate lebih tinggi daripada nuker dari Rupiah.