Last Weekend

Beberapa minggu yang lalu, ketika gue sedang merenung dalam kenestapaan karena belom boker seharian, tetiba gue mendapatkan ide menyusul keluarga yang sedang liburan ke negri tetangga. 

Singapore,,,

Pergi hari Jumat malam dengan binatang kaki empat yang berbulu lebat. Gue tiba di bandara 3 jam sebelumnya supaya bisa tepe2 dulu. Gue ini anak yang hemat, cita-citanya menjadi ibu cermat, karenanya gue selalu bawa bekal. Kalian tahu kan, makanan di airport itu mahal, jadi sampe sana gue cuma beli esteh tawar di restoran supaya bisa sambil ngecas handphone yang kebetulan sekarang sudah hilang...

Sampai di Changi sekitar jam10 waktu setempat, gue langsung pipis terus ngisi air minum pake botol minum karena harga air minum botolan disana itu sungguh melanggar prinsip ekonomi gue. Dari terminal kedatangan, gue naik Sky Train ke terminal 2 untuk mencapai MRT. Berbekal peta hotel dan tanya-tanya, sampailah gue di Lavender Station, terus muter-muter satu jam ditemenin koper soalnya rata-rata orang yang gue tanyain disana ga bisa bahasa inggris, kalopun ngerti alamat yang ditanyain, gue yang gantian ga ngerti mereka ngomong apa. 

Keluarga gue pun ga nyariin...

Kami nginep di Kam Leng Hotel yang terletak di Jalan Besar, dan ternyata itu hanya beberapa blok di belakang tempat gue muter-muter. HA. HA. HA! Tragis.

Sampe di hotel, kaki gue udah bau. Sepupuan gue pun protes tapi kafilah tetaplah kafilah. 

Besoknya kita explore Bugis dan Orchard on foot. Jalan di Singapore itu enak, pedestrian friendly banget, dan ga desek-desekan. Kendalanya cuma local people nya banyak yang gak ramah. Dari bagian imigrasi aja gue rasanya kaya lagi di ospek. 

Ibu-ibu itu gila belanja, apalagi disana pas lagi ada Great Singapore Sale. Errrggghhhhhhhhh. Masuk mol sini, mol sana, mol situ, mol lor! Gue bukan tipe yang krezzzii sama begituan, jadi itu membosankan. Gue kabur. Dengan kabur itu gue berharap bisa menemukan cowo ganteng di Esplanade. Ternyata tidak. Gue pun merana karena ga punya duit buat jajan. Akhirnya gue balik lagi ke rombongan. 

Di perjalanan pulang, pas lampu merah, bus yang gue naikin berhenti di depan McD. Lo tau gue liat apa? Kakek-kakek pake seragam McD lengkap dengan topinya lagi ngebersihin meja bekas didudukin rombongan anak muda. Detik yang cukup untuk melihat adegan dimana si kakek berjalan tertatih ke belakang dengan piring-piring kotor. Gue sedih men. Sedih parah. 

Emang disana rata-rata petugas kebersihan dimanapun, DIMANAPUN, itu udah tua. Jangankan petugas kebersihan, SPG aja udah pada keriput, make up nya sampe susah nempel.

Ya, gitu sisi lain dari negara maju. Gue sih ogah kalo disuruh pindah kerja sana. Bisa depresi. Waktu kami naik taksi ke Sentosa, kami ngobrol sama supir taksi yang kayanya seumuran bapak gue, dia bilang puluhan tahun tinggal disana sebenernya dia stress. Tapi doi ga punya pilihan lain. Sementara kenalan gue yang kerja disana bilang, rata-rata orang sana memang kurang ramah, suka back stabbing. Hal kaya gitu sih pasti ada dimana-mana pun di Indo, cuma tingkatannya emang lebih tinggi disana.

Baiklah penonton, barangkali ada yang belom pernah main kesana, ini tips gue:

1. Periksa lagi tiket sedetail mungkin! Lo tau men, gue salah nulis nama belakang pas beli tiket yang menyebabkan gue harus keluarin duit ekstra buat beli tiket lagi. Kekampretan lu itu mon...

2. Pastikan lo beli eskrim roti di pinggir jalan Orchard atau Merlion Park. Rasa mint ya! Itu enak sufah, harganya cuma $1. 

3. Tabahkan hati kalo di serve sama nenek-nenek di restoran.

4. Harga taksi dapat berubah sesuai suasana hati pemerintah. Heheh. Maksudnya, kalo lo naik taksi pas weekend atau pas weekdays-tapi lewat dari jam9an- tarifnya double. Lo harus menghargai si supir yang bekerja ekstra men.

5. EZ card bisa di refund. Beli EZ card ini di stasiun MRT, harganya $12 bisa dipake naik bus juga, terus bisa isi ulang. Kalo mo pulang, bisa di refund. Lumayan buat beli eskrim lagi. Tapi kalo ga mau pake ini, bisa beli kartu sekali jalan yang mesinnya canggih sekali dan bisa mengeluarkan uang kembalian. 

6. Mungkin Kam Leng bisa menjadi alternatif hotel lo yang mau kesini, karena dari pengalaman gue, staffnya ramah-ramah, fluent in english dan melayu dan harga per malamnya hanya $150. Bartendernya  ganteng #Uhuk. 

7. Beli sepatu cuma $5? Bisa banget,, Kalo ke mall, cari toko Rubi atau Cotton On, niscaya bisa membuat perempuan lupa pacar. Outfit sampe tas dan kacamata disana semua harga miring! Bahkan cincin sama gelang harganya lebih murah daripada yang ada di pasar. Yakinlah, rata-rata harganya cuma $1 - $30.

8. Sekian.

Share:

0 komentar