Macam-macam Penumpang Baswei

Berkiprah dalam bidang per-baswei-an selama hampir 2 tahun ini membuat saya paham ragam macam isi serta karakter penumpangnya. Berikut jenis-jenis manusia di dalam bus berdasarkan hasil penelusuran saya di lapangan:

1. Supir: Jika tidak ada supir, namanya bukan bis. Selalu menggunakan jas dan mencangkong kacamata hitam, kadang pria kadang wanita, tergantung shift nya. 

2. Kenek: Dimana ada supir, disana ada kenek. Kadang pria, kadang wanita. Kadang ganteng dan kadang bengek, tergantung nasib.

3. Mbak2 Kantoran: Sering mondar-mandir pake flat shoes sama rok pendek, bawaannya tote bag. Bajunya up to date, sesuai dengan yang sedang ngetrend di pusat2 grosir. 

4. Mas2 Kantoran: Celana bahan + kemeja. Jarang terlihat membawa tas. 

4. Anak kuliahan #cewek: Biasanya pake celana lepis, bawaannya tas gendong, gendong belakang boleh, gendong samping juga boleh. Kadang-kadang bisa ditemukan berdua atau bergerombol, kalo ngomong pake nada naik turun supaya kedengarannya gaul. 

5. Anak kuliahan #cowok: Biasanya pake celana lepis juga, kalo pake celana bahan mungkin dia abis pulang kondangan. Rata-rata pake sepatu kets sama kaos. Kalo siang keringetan, kalo malem kedinginan, sesuai kondisi AC bis, lagi rusak apa udah dibenerin.

6. Nenek2 Gaul: Kulitnya keriput, kalo masuk bis langsung celingukan nyari perhatian, siapa tahu ada anak muda yang mau ngasih tempat duduk. Pakaiannya panjang-panjang, dihiasi topi dan scarf. Mungkin dia kedinginan, apa AC nya udah dibenerin?

7. Nenek2 Biasa Aja: Hobinya pake kain sama kebaya kembang-kembang, selalu megangin selampe, kadang bawaannya banyak, isinya makanan dari yang ringan sampe berat. Di waktu yang tidak terduga dia batuk atau bersin atau malahan ngajak ngobrol. Yaudahlah di tanggepin aja.

8. Kakek2: Rata-rata terlihat seperti kakek2 pada umumnya, tapi ada juga yang outfitnya outstanding, misalnya mengenakan jaket batik tapi topinya rap banget yo. Ada juga yang ngalungin rante. Ah, mungkin dia cuma mo benerin rante sepedah, jangan suudzon dulu.

9. Mbak2 SPG: Make up nya suka ketutupan muka. 

10. Alay: Biasanya naik bis rame-rame, kayanya abis jejogetan di acara musik pagi2. Aduh.. gausah diterusin ya.

11. Cowo Ganteng: Entah masih kuliah atau sudah bekerja, yang beginian biasanya tidak pedih dimata. 

Tapi dari kesemuaan, rata2 penumpang baswei selalu make hetset. Mungkin supaya keliatan kaya new yorker gitu, padahal pake hetset dikerumunan itu kurang baik lho, selain tidak peka terhadap kondisi di dalam bis, kamu mereka juga bisa terluka kalo lagi nyebrang, misalnya ditabrak bajaj atau kancil.

Udah ah, mo naik baswei dulu.

Share:

0 komentar