Sikat Gigi? Bentar.. Bentar...

Gue adalah tipe orang yang cuma punya 2 alasan untuk sikat gigi:

1. Mau berangkat ke kantor
2. Mau ketemu gebetan

Dan gue yakin, 90% dari lo lo semua yang baca ini setipe sama gue. 

Ternyata, apa yang gue baca di KOMPAS hari ini, Rabu, 30 Januari 2013 di rubik Ilmu Pengetahuan & Teknologi begitu menohok. Kenapa? Karena gigi yang jarang dibersihkan ternyata bisa memicu SERANGAN JANTUNG! NTUNG... TUNG.. UNG.... NG... G... .... ..... *ngemeng di goa*.

"HAH?" Iya, komen pertama gue tadi juga kaya gitu.

Jadi gini, peneliti menemukan penderita penyakit jantung koroner atau yang biasa disingkat PJK dengan infeksi di rongga mulut memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi mengalami serangan jantung. PJK itu sendiri adalah penyempitan pembuluh darah/arteri koroner akibat tumpukan lemak, kolesterol dan kalisum di dinding arteri (plak atheroma). 

Kesehatan banget bahasa gue. Iya nyontek di koran sih.

Pernah gak ketika sikat gigi, gusi lo berdarah tapi ga sakit? Kalo kata nyokap gue itu tandanya gigi udah kotor banget, dan itu adalah salah satu pertanda penyakit gusi. Kalo jaringan di gusi udah cedera, bakteri dari mulut-mulut jahanam kita itu akan mudah masuk ke aliran darah dan kalo mereka udah kontak dengan plak (timbunan kolesterol di dinding arteri), terjadi pembentukan gumpalan darah, bahkan terjadi proses awal pembentukan atherosklrosis. Mbyehhh!

Intinya gini: lo baca kompas aja deh, panjang banget soalnya itu penjelasannya.

*brb sikatan*

Share:

0 komentar