Ogoh-Ogoh dan Beli-Beli

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi teman-teman Hindu sekalian...
Kedua-dua, izinkan pula saya untuk bercerita tentang serunya pengalaman saya dalam mengikuti upacara umat Hindu kemarin...

Jadi gini... *gaya bapak2*
kemaren siang, gue ke Prambanan buat ngeliat upacara Tawur Agung, ini upaca yang digelar oleh umat Hindu sehari sebelum hari raya Nyepi. Sebelumnya, selama 20 tahun gue hidup, belum pernah sekalipun gue liat upacara ini! cuma pas bakar Ogoh2 aja gue liatnya.

jam 10.00 gue berangkat dari kost, sampe Prambanan jam set11an gitu lah. Pertama kali masuk kawasan upacara itu, hati gue langsung berdebar-debar,.karena cowok2 ganteng berbahasa bali lengkap dengan baju adat en udeng-nya, ngamparrrrr kaya ikan asin =D =D =D ahhahahahaa!!! (menjijikkan lu mon). Disana, gue ketemu sama temen kampus yang juga lagi liat upacaranya <- ini bagian yang ga penting.
di tengah-tengah upacara, ada tari2an yang menceritakan tentang diutusnya setan2 ke bumi buat ngobrak-ngabrik manusia, kalo ga salah setannya ada 4, niatnya mau sekalian gue upload gambarnya, tapi koneksi tidak memungkinkan saat ini. damn!

kira2 jam 2 gue pulang ke kosan, mandi, ngaso2, terus jam5 cabut ke Pura Jagatnatha yang ada di Banguntapan, Bantul. Disana udah ada Ogoh2 yang tadi diarak di Prambanan. Rameeeee banget, banyak masyarakat yang juga mau lihat prosesinya. Sebelum diarak keliling Pura, umat Hindu berdoa dulu pake segala macem sajen dan ketan warna-warni,, nah ini yang gak gue tanyain apa maksud dan tujuannya, iya gue bego. Sekitar jam6an, setelah selesai berdoa, mulailah si ogoh2 ini diarak,. wetzzz... gue ikutan ngarak dong yaaa...
Ogoh2 yang diarak ini (ada 4) berasal dari beberapa Komunitas Hindu Dharma yang ada di jogja, salah duanya dari ISI dan UGM, semuanya bagus2. Ogoh2 ini diangkat sama laki-laki (kayany cewe ga boleh ikutan ngarak ya? padahal pengen..) kira2 satu patung itu yang ngangkat sekitar 10-an orang. Selain itu, ada juga orang2 yang bertugas ngatur lalulintas si ogoh2 ini plus ngatur penonton (laki2 semua juga). Buat penonton yang ga patuh (kalo disuruh minggir malah ke tengah) si kakak ini bakal nyemburin api dari mulutnya ke arah penonton yang ngeyel2 ini (mereka juga bawa obor) bukannnya gimana, ogoh2 itu kan gede banget, digotongnya pake kayu, udah gitu diarakny pake tari2an, kan bahaya juga kalo kena tabrak.
Selama jalannya pengarakan ini, jogja diguyur hujan. Nah, ini yang gue ga suka, maksudnya, bukan ga suka sama hujannya, tapi ga suka sama penonton (terutama cewe2)yang sok2an bawa payung. gila aj lo! mata gue aja berapa kali hampir keculek! ga usah deh sok2 kecakepan bawa2 payung. kalo ga mau kena ujan ya ga usah ikut ngarak, diem di pinggir, liat dari jauh. apalagi itu posisinya rame banget, orang jalan aja susah,. ibaratnya nih, suasananya kaya ikan lele kelaperan yang ngumpul rebutan makanan.
Hal kedua yang gue ga suka adalah, mas2 penonton yang sok emosian!
Anjiiiiiiiir,,,, menurut gue, mereka adalah orang2 yang ga bisa ngerti estetika menonton sebuah pertunjukan, senggol dikit ngomong "asu" keinjek dikit muni "bajingan" kedorong-dorong banyak bilang "jancuk". Woy manusia! kalo mau pamer emosi, silahkan nonton dangdut pesisir! (nonton dangsut aja seharusnya ga boleh pake emosian).

gue yang nulis ini aja sampe kesel gara2 inget semalem.
Sudah mon, jangan dibayangkan lagi.
tenang...
tenang...
nanang...

Berikutnya gue akan cerita bagian menyenagkannya, hehee...
yah, ga jauh2 dari pria2 bali itu,.. yang badannya keker2... waktu istirahat dari ngangkat ogoh2 mereka ngos2an,, pemandangan tersebut terasa Oh My God! aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!! apa2an lo MONIC!!!!!!!

udah ah!!!!


Nah ya, proses terakhir dari ngarak ogoh2 itu adalah Membakarnya. Maknanya, setan2 ini dibuang, supaya setelah itu mereka jadi bersih lagi dan mulai tahun yang baru dengan hati yang baru juga.

it was a great wet sweaty day ever dahh! (bahasa lo mon,,,)
seru!!!
Hindu adalah agama yang sangat2 indah! intinya sih, jangan pernah ninggalin agama dan tradisi kalian, apapun itu.
akhir kata,,, gue pengen punya pacar orang Bali... (yang bukan Bali2an seperti sebelum2nya) hahahaha!

Share:

0 komentar