Merdeka atau Nganggur!

Menyedihkan rasanya gue nulis ini pada saat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke..... ke..... ke... *googling* 67!

Kenapa?

Karena, gue ,. ga merasa merdeka disini....

Gaada panjat pinang, gaada lomba makan kerupuk, gaada lomba nangkep belut, bahkan ga ikut upacara bendera!

Selain itu, gue belom dapet kerjaan (._. ) 

Gue kalah dalam kompetisi.

Oh, belom!

Belom kalah!

Maksud gue, kalah dalam beberapa kompetisi, tapi belom kalah sepenuhnya dan ga mau kalah! Shit!

Beberapa kali memang gue udah tinggal deal2an gaji sama beberapa company, tapi... gue akhirnya menolak kesempatan2 itu karena gue pikir mau nyoba kerjaan yang lain yang menurut gue lebih asik.

Jadi, kurang lebih 2 mingguan yang lalu ada 2 panggilan interview dari 2 major company yang bahkan gue pikir gue ga bakalan dipanggil karena ngapply nya udah lama banget. 

Disitu gue berpikir, oh... inilah pangilan Tuhan...

Interview ditempat yang pertama.. udahlah gausah gue ceritain.

Nah, yang kedua nih, kesempatan gue jadi jurnalis sudah terbuka! Tinggal sedikit lagi! Dan gue gagal di psikotest!!!

Kenapa begitu?

Begini.

Semingguan setelah psikotest itu, gue jalan sama rere dan tunangannya. Di satu kesempatan, kita ngobrolin masalah kerjaan. Pembicaraan mengarah ke psikotest. tunangannya rere yang kita sebut saja si Jepa, bilang " Nah, kalo pas psikotest kan lo disuruh gambar tuh yang kaya ngehubungin titik2 apa garis2, lo gambarnya yang berhubungan sama kerjaan. Misalnya ni gue, kemaren pas psikotest gue gambar mobil, onderdil, pokoknya hal2 yang berhubungan sama otomotif karena itu bidang gue. Kalo lo gambar aneh2, pasti langsung dicoret nama lo.."

....................

Gue terdiam terpaku dengan kata2nya selama beberapa detik.

Lo tau gue gambar apa?

Vampir.

VAMPIR COOONG!! GUE GAMBAR VAMPIIIRRRR!!!!

8 gambar yang gue bikin waktu itu gaada yang beres. Ikan goreng saos mentega lah, anak2 bermain di taman, perempuan yang kehujanan, seorang janda yang ditinggal kekasihnya, apa lagi lah gue lupa. 

Hopeless gue. Hopeless abitch!!

Maksud gue, mana guaaaa tauuuuu kalo kita kudu gambar begituan??? Gue pikir, itu bakal diliat dari goresan tangan kita, bukan apa yang kita gambar... ???

Kalo lo baca ini dan berpikir otak burung apa yang ada di kepala gue ini, please. Gue bukan mau mengumbar ketololan. Gue cuma mo ngasih tau barangkali ada jobseekers diluar sana yang pengetahuan mencari kerjanya kurang, kaya gue kemaren...

Tapi dibalik kemusryikan yang udah terjadi pada kehidupan mencari kerja gue selama ini, gue bersyukur karena gue belajar dan insyayahwe ga akan gue ulangi lagi kesalahan yang sama.

Jadi, kalo pas interview lo ditanya : "apa yang akan kamu lakukan 5 tahun dari sekarang?"
Jawab aja: "Saya akan maju bersama dengan perusahaan ini"
Jangan jawab sesuai naluri!

Dan kalo pas psikotest lo disuruh gambar kaya yang udah gue ceritain diatas, lo gambar aja apa yang berhubungan sama kerjaaan lo nantinya. Misalnya lo apply jadi tukang catering, ya lu gambar aja panci, oseng2an, teko, blablabla. Jangan malah lo gambar mouse atau cangkul.
Terus juga, ada bagian yang lo harus gambar orang terdekat yang lo temuin sehari2, lo harus gambar itu secara lengkap! Jangan lupa kupingnya juga.

Nah,kenapa beberapa kali gue bisa lolos sampe ke tahap deal2an gaji, soalnya kebetulan mereka ga ngajuin pertanyaan2 dan psikotes yang kaya gitu!

Ah fuck.

Yaudah, gue mo liat 9gag lagi.

Jangan putus asa jobseekers! \m/

Share:

1 komentar

  1. loh Mon bukanya kamu uda kerja di perusahaan advertising itu ya?

    BalasHapus