Choosing Your Wedding Dress

A wedding dress is both an intimate and personal for a woman, it must reflect the personality and style of the bride.


Dadi ngene…

Tau sendiri kan, mulai bulan September ini banyak banget angkatan 90an yang mulai memasuki liga rumah tangga, dan jika dilihat dari grafik undangan yang diterima, musim ini akan berlangsung hingga bulan Januari 2017.

Selama beberapa bulan sejak Bridal Hunt sampai sekarang gue beberapa kali menyaksikan real bride in their gown, maupun curhat dengan sesama bride-to-be tentang gaun pengantin.

Rent or bespoke? Which option is the best for you?

Tulisan ini adalah berdasarkan observasi pribadi tentang gaun pengantin (bukan tradisional) dan tetek bengeknya di Jakarta.

Yang pertama adalah budget. Nggak semua calon pengantin sticks to their budget untuk mendapatkan gaun yang dia inginkan.

Ini sih gue. HAHAHAHA!

Awalnya gue ngebudgetin 5jt untuk either sewa atau jait gaun pengantin, pikiran gue waktu itu budget segini udah maksimal banget untuk gaun yang cuma dipake sekali seumur hidup. Mosok gaun pengantin harganya bisa lebih dari 5 juta.

Nyatanya, udah baca ini kan?

YES EVERYBODY, IT’S NOT THAT EASY!

Lo bisa aja stick to that 5 million or less but I tell you what, you won’t get what you want.

Menjahit gaun pengantin di penjahit tradisional

Pertimbangannya gini, lo tau Pasar Mayestik?

Di Pasar Mayestik lo bisa pilih sendiri bahan baju yang lo inginkan lalu lo jait bahan itu di penjahit yang ada disana. Setau gue, rata-rata harga penjahit disana untuk gaun mulai dari Rp. 700,000 di tahun 2016 ini.

Penjahit dan bridal itu beda, beda, beda, BEDA banget.

Gue udah nyoba sendiri menjahit gaun untuk prewed (yang awalnya gue pikir bisa dipake buat wedding sekalian). Bahan yang gue pilih udah yang mahal dan bagus, tapi setelah dijadiin gaun di penjahit jatohnya far from expectation. It’s OK for prewed, but not for a wedding.

Emang bener, bahan + ongkos jait, semua nggak lebih dari 3 juta tapi, ya gitu.

FYI, para penjahit di Pasar Mayestik are really, really good and they could be your perfect choice untuk menjahit KEBAYA pengantin. Kebaya sis, bukan gaun pengantin.

Sewa gaun di Bridal

Kalo lo udah tau gimana model gaun kalo menjahit di penjahit biasa yang sesuai budget, ketika ke bridal you’ll see the difference.

Sewa gaun 5 juta? Bisa banget. But mostly di Jakarta ini, dengan harga 5 juta lo akan mendapatkan gaun yang udah dipake berkali-kali dan ada defect disana sini serta warnanya kusam.

Nggak percaya?

Now that’s the truth.

Adakah yang menemukan bridal lain di JABODETABEK ini yang nyewain gaun harga 5 juta dengan kualitas bagus? Please let us know.

Kalau mau naikin sedikit lagi budget lo di angka 8jt an, lo bisa sewa gaun yang bagusan tapi kualitas cina. Biasanya orang marketing akan bilang ini barang Taiwan atau Korea, tapi aslinya mereka barang Cina kualitas “bagus”, menurut gue bahannya kasar.

Kekurangannya, lo ga akan bisa menyesuaikan kepribadian lo dengan gaun-gaun yang tersedia. But if you’re lucky, you’ll get it.

Beli gaun jadi

Alternatif lainnya, lo bisa beli gaun yang udah jadi aja, second atau cari di pusat grosir. Sayangnya, di Indonesia jarang banget ada yang jual gaun pengantin bekas kalaupun ada udah jelek atau masih di harga tinggi << pengalaman nyari gaun second. di Australia, ada website khusus untuk menjual gaun pengantin second yang kalo dilihat dari gambarnya rata-rata masih bagus.

Tapi yaaaa harganya jadi sama aja kalo plus shipping kesini.

Setau gue di Mangga Dua juga ada beberapa toko yang menjual gaun pengantin dengan harga suuuuuuperrrr murrrraahhhhhh, sekitar 700 – 3jt an. Gaun Cina. Aduh, ga banget. Kalo lo pernah baca cerita tentang orang yang pesen gaun pengantin online lewat amazon atau alibaba dari Cina dan ternyata zonk, ya kaya gitu itu lah bajunya.

Anyway, mungkin masih ada yang bagusan Cuma gue gatau aja.

Masih mau beli online? Gue sih bener-bener nggak recommend. 

Bikin di desainer

Untuk bikin gaun pengantin di desainer atau bridal, lo harus mengeluarkan uang sebesar 2 angka didepan diikuti dengan enam angka 0 dibelakang.

Bad news buat yang sticks to the budget.

Hasilnya udah pasti lebih meyakinkan, pas di badan, nggak ada defect atau noda dimana-mana, dan nggak pernah dipake sampai berkali-kali sama banyak orang sebelumnya. It’s yours, it’s the gown you’ve been dreaming of.

Dengan berbagai pertimbangan setelah compare kesana kemari, opsi inilah yang terbaik. Saran gue, bersabarlah cari desainer karena masih ada beberapa desainer di Jakarta ini yang masih bisa nego. Dan kalo lo nggak butuh payet atau ball gown yang ribet banget, harga masih bisa kurang walaupun mungkin nggak bisa jadi 8 juta juga. 

Wedding business is a big business

Ini baru soal gaun sis, belum tetek bengeknya kaya foto, video, dan kue.

No. Kue pengantin yang bentuknya istana sampe tinggi-tinggi gitu is a ridiculous thing menurut saya.

Happy girls are the prettiest


Mau bikin gaun mahal, beli di mangga dua atau sewa, it’s up to you, because in the end, all that we’re doing is only to impress other people. 

HAHA! 

#lahbodo #yangpentingkawin 


Share:

2 komentar

  1. Dan ak mbaca post km yg ini sambil ndengerin lagu yg lagi muterin lagunya Raisa & Afgan - Percayalah. Hahahaha :'))) Thank youuu, Mon! Your blog is really inspired me.

    BalasHapus
  2. setuju banget sama tulisannya, secara capeng yang lagi galau cari bridal juga nih. Salam kenal ya

    BalasHapus